Sebanyak 390.792 Ribu Orang di Provinsi Kalimantan Selatan Akan Divaksinasi COVID-19 Secara Bertahap

Palangkaraya, 21 Maret 2021

Pemerintah Indonesia melalui Kementerian Kesehatan RI terus berupaya melakukan percepatan pelaksanaan vaksinasi massal COVID-19 secara Nasional baik di Pusat maupun Daerah pada kelompok Lansia dan Pelayanan Publik.

Dimana pelaksanaan vaksinasi COVID-19 secara Nasional telah dilaksanakan pada minggu ketiga bulan Februari 2021 . Sedangkan untuk Provinsi Kalimantan Tengah di mulai minggu pertama bulan Maret 2021 dengan target sasaran sebesar 390.792 ribu orang secara bertahap.

Untuk itu dalam rangka percepatan pelaksanaan vaksinasi massal COVID-19 di Provinsi Kalimantan Tengah, Sekretaris Direktorat Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Kementerian Kesehatan RI, dr. H. Muhammad Budi Hidayat, M.Kes sebagai perwakilan Kementerian Kesehatan RI, pada (21/3) meninjau jalannya proses pelaksanaan vaksinasi massal COVID-19 yang berlangsung di GOR Indoor Palangkaraya dan Gedung Dr. KH. Idham Chalid (Kantor Sekretaris Daerah Provinsi Kalimantan Selatan).

Vaksinasi massal yang dilaksanakan di GOR Indoor Palangkaraya ini dilaksanakan selama 2 hari (tanggal 20 dan 21 Maret 2021) dengan jumlah target sasaran sekitar 5.000 orang meliputi anggota TNI-Polri, para pelayan publik atau ASN di lingkungan Pemprov Kalteng dan Pemerintah Kota (Pemko) Palangka Raya, Organisasi Profesi seperti dari RRI dan TVRI, Tokoh Agama dan Tokoh Masyarakat,

Sedangkan vaksinasi yang dilaksanakan di Gedung Dr. KH.Idham Chalid yang sudah dilaksanakan sejak tanggal 18 Maret 2021 dengan target 1.700 orang ini mencakup sasaran yang meliputi pegawai ASN dan Non ASN SKPD di Provinsi Kalimantan Selatan.

Pelaksanaan vaksinasi massal COVID-19 nampak berjalan dengan baik dan lancar dengan proses vaksinasi mulai dari meja 1 untuk registrasi, meja 2 untuk validasi, meja 3 skrinning kesehatan dengan pemeriksaan suhu tubuh dan tekanan darah, meja 4 pelaksanaa vaksinasi, dan meja 5 pembagian kartu dan menunggu di ruang observasi selama 30 menit yang diperuntukan bagi peserta yang telah divaksin.

Vaksinasi Massal ini dilaksanakan oleh Pemprov Kalteng bersama-sama dengan Pemko Palangkaraya, Rumah Sakit Umum Daerah dan Swasta, Rumah Sakit TNI dan Polri (Biddokkes), serta fasilitas kesehatan lainnya. Pelaksanaan vaksinasi menerapkan Protokol Kesehatan dengan tetap disiplin 3M yaitu (Mencuci tangan, Menjaga jarak dan Memakai Masker).

Berita ini disiarkan oleh Humas Direktorat Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kementerian Kesehatan RI. Gedung Adhyatma, Lt.9, Jl. H.R. Rasuna Said Blok X5 Kav. 4-9 Kuningan, Jakarta Selatan 12950.(Adt)