Tips Sehat dan Semangat Bekerja selama Bulan Ramadhan

Pada bulan Ramadhan ini setiap umat muslim berkewajiban untuk menunaikan ibadah puasa. Ketika menjalankan ibadah puasa tidak dapat dipungkiri bahwa puasa tersebut bisa berpotensi menurunkan semangat dalam bekerja.

Ada beberapa tips agar saat menjalankan puasa tetap produktif dalam bekerja ;

Sahur dan Berbuka Puasa Cukup

Mengkonsumsi makanan yang sehat saat berpuasa sangat diperlukan. Oleh karena itu, saat sahur dan saat berbuka makanlah makanan yang kaya akan air dan makanan yang seimbang minimal mengandung karbohidrat, protein, lemak,vitamin, dan mineral

Mengatur Jadwal

Agar dapat mencegah tidak malas bekerja saat puasa, rencanakan jadwal seefisien mungkin. Hal ini bisa membuatmu lupa akan haus dan lapar yang dapat dialami, dan fokus untuk menyelesaikan berbagai tanggung jawab yang ada sesuai dengan jadwal yang disusun.

Manfaatkan Waktu Rehat

Meskipun waktu istirahat di bulan Ramadan terasa lebih singkat, sebaiknya tetap memanfaatkan waktu lowong tersebut. Sebagai contoh, setelah selesai beribadah bisa gunakan waktu rehat di siang hari untuk tidur sejenak guna mengembalikan energi. Dengan demikian, tubuh akan lebih fokus dan semangat untuk kembali bekerja.

Mantapkan Niat dan Tekat

Hal ini akan membantu untuk menghadapi semua tantangan kala bekerja di bulan Ramadan. Ini juga bisa menjadi langkah yang penting untuk mencegah malas bekerja saat berpuasa. Maka dari itu, jangan lupa untuk selipkan niat dan tekat berpuasa saat beribadah

Beri Jeda Yang Cukup

Beri jeda maksudnya adalah tidak perlu memaksakan diri, Ketika bekerja bisa beristirahat lebih sering jika memang pekerjaan tersebut sedang tidak memiliki deadline yang mendesak 

Olahraga Yang Ringan

Cari waktu yang sesuai untuk berolahraga menjelang buka puasa ataupun setelah buka puasa. Hindari olahraga yang memiliki intensitas yang menguras banyak energi. Usahakan olahraga dalam waktu singkat, tujuan utama agar tetap menjaga fisik ideal dan sehat untuk produktif saat bulan Ramadhan

Bangun Lebih Awal & Tidur Tidak Larut Malam

Dengan tidur yang cukup akan mengembalikan stamina tubuh setelah beraktivitas penuh yang dapat membuat lebih bersemangat menjalankan pekerjaan sehari-hari

Kementerian Kesehatan tidak menerima suap dan/atau gratifikasi dalam bentuk apapun. Jika terdapat potensi suap atau gratifikasi silahkan laporkan melalui HALO KEMENKES 1500567 dan https://wbs.kemkes.go.id

Berita Terkait lainnya >

Posting Terbaru >