Tips Mencegah Obesitas

Tips Mencegah Obesitas untuk Dewasa 18 – 60 tahun

  • Biasakan makan dengan model piring makan T, yaitu setengah piring makan berisi sayuran, seperempat bagian berisi nasi, seperempat bagian diisi lauk-pauk
  • batasi konsumsi gorengan dan lemak trans (margarin)
  • Jadwal makan teratur, porsi sedikit
  • tidak merokok dan minuman beralkohol
  • tingkatkan konsumsi karbohidrat kompleks, dan batasi karbohidrat sederhana
  • aneka ragam pangan, sayuran hijau, buah berwarna
  • hindari konsumsi minuman bersoda
  • buat target terukur untuk aktivitas fisik (contoh : jalan minimal 10 ribu langkah per hari)
  • berfikir positif dan mengenali emosi makan
  • batasi konsumsi jus buah
  • timbang berat badan dan ukur lingkar perut secara teratur (lingkar perut wanita maksimal 80 cm, lingkar perut wanita maksimal 90 cm)
  • melakukan aktifitas fisik atau olahraga secara, baik, benar, teratur, dan terukur.
  • aktif bergabung dengan komunitas peduli obesitas dan saling mendukung satu sama lain.

Tips Mencegah Obesitas untuk Lanjut Usia (Lansia) > 60 tahun

  • lakukan aktifitas fisik sesuai kemampuan
  • konsumsi makanan sumber kalsium
  • batasi konsumsi makanan tinggi gula, garam, dan lemak

Kementerian Kesehatan tidak menerima suap dan/atau gratifikasi dalam bentuk apapun. Jika terdapat potensi suap atau gratifikasi silahkan laporkan melalui HALO KEMENKES 1500567 dan https://wbs.kemkes.go.id

Berita Terkait lainnya >

Posting Terbaru >