Tim Kemenkes berkunjung dikabupaten Brebes melakukan Verifikasi Lapangan 3 Sentra Pangan Jajanan dan Kantin Sehat.

Direktorat Jenderal Penyehatan Lingkungan yang merupakan salah satu unit dibawah Direktorat Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Membentuk Tim Penilai untuk melakukan verifikasi lapangan atau pengamatan keamanan pangan pada produk makanan di Tempat Pengelolaan Pangan/TPP dalam rangka Penilaian Sentra Pangan Jajanan/Kantin Sehat dikabupaten Brebes. Direktorat Penyehatan Lingkungan juga menindaklajuti peraturan Menteri Kesehatan Nomor 14 Tahun 2021 tentang Standar Kegiatan Usaha dan Produk Pada Penyelenggaraan Perizinan Berusaha Berbasis Risiko Sektor Kesehatan yang didalamnya diatur terkait dengan standar Sertifikat Laik Higiene Sanitasi (SLHS), dan sesuai dengan Peraturan Pemerintah Nomor 86 Tahun 2019 tentang Keamanan Pangan yang menjadi salah satu kewenangan dari Kementerian Kesehatan RI.

Pada (19/9) Tim Penilai yang akan melakukan verifikasi lapangan atau pengamatan keamanan pangan pada produk makanan di Tempat Pengelolaan Pangan/TPP akan berkunjung ke 3 Lokasi yang berada dikabupater Brebes yaitu : Kantin Majapahit SMP Negeri 2 Brebes, Blue Canten SD Muhamadiyah Ketanggungan Brebes dan Rest Area Heritage KM 260 Banjaraatma. Direktur Penyehatan Lingkungan yaitu Dr. Anas Maruf, MKM beserta Tim Penilai juga melakukan kunjungan/koordinasi dengan Dinas Kesehatan Kabupaten/Kota Brebes dan Sekretaris daerah Kabupaten Brebes untuk mengkoordinasikan pendampingan pelaksanaan verifikasi lapangan ke lokasi TPP terpilih hasil verifikasi dokumen. Koordinasi itu disabut hangat dengan Sekretaris Daerah Kabupaten Brebes Ir. DJOKO GUNAWAN, MT dan Kepala Bidang Dinas Kesehatan Kab/Kota Brebes Yuni Rahayuningtyas, SKM, M.Kes.

Dari 3 Lokasi yang sudah terpilih masing-masing mempunyai inovasi, tim penilai juga akan melakukan verifikasi lapangan atau pengamatan untuk membandingkan dokumen yang masuk/sudah dikirimkan kepada Kementerian Kesehatan, apakah sesuai dengan yang kami lihat langsung di tempat ini terkait dengan pengelolaan keamanan pangan yang memenuhi syarat sesuai standar kesehatan dalam rangka Penilaian Sentar Pangan Jajanan/Kantin Sehat di Kantin Majapahit SMP Negeri 2 Brebes, Blue Canten SD Muhamadiyah Ketanggungan Brebes dan Rest Area Heritage KM 260 Banjaraatma. Adapun yang akan dinilai adalah higiene sanitasi dan kebersihannya, fasilitas sanitasinya, pelaku penjamahnya dan yang paling penting dukungan dari Pemerintah mulai dari pembinaannya dan pengawasannya.

Hal ini akan menjadi persaingan ketat dengan 42 lokasi lainnya, dan akan dipilih TPP dan Pembina Provinsi yang terbaik pada Hari Kesehatan Nasional 2022, dan diberi penghargaan Plakat dan Sertifikat oleh Menteri Kesehatan, penghargaan atas hasil kerja keras dalam melakukan upaya keamanan pangan, di TPP maupun di wilayah kerjanya.

“Saya berharap dari pelaksanaan kegiatan ini dapat memberikan semangat serta peningkatan kinerja dalam menyelenggarakan keamanan pangan di Sentra Pangan Jajanan/Kantin Sehat sejenisnya serta mendorong lokasi lainnya untuk mengikuti jejak yang sama,” ujar Dr. Anas Ma’ruf, MKM di kesempatannya.(Inang/CRP)

Berita Terkait lainnya >

Posting Terbaru >