Aksi Tim Champion KKP Wujud Nyata Transformasi Kesehatan

Dalam rangka mewujudkan kelancaran dan percepatan pelaksanaan transformasi kesehatan yang terkait Ditjen P2P, serta sejalan dengan implementasi core value ASN berAKHLAK, maka dibentuk tim champion Kantor Kesehatan Pelabuhan. Tim ini dibentuk berdasarkan Keputusan Direktur Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit nomor HK.02.02/C/479/2023 yang terdiri dari perwakilan pegawai terpilih dari 51 satker KKP yang bertugas membawa semangat transformasi budaya kerja. Untuk itu Pertemuan Konsolidasi dan Penyelarasan Visi dan Aksi Champion Kesehatan Kantor Kesehatan Pelabuhan di gelar sebanyak 2 Batch. Adapun Batch pertama di selenggarakan pada tanggal 21-24 Agustus 2023 sebanyak 126 peserta dan Batch kedua di selelnggarakan pada tanggal 29 Agustus 2023 – 1 September 2023 di hotel Santika Harapan Indah Bekasi dengan tema Bersama Champion mendukung Transformasi menuju KEMENKES HEBAT, INDONESIA SEHAT!.

Konsolidasi champion ini menjadi salah satu Upaya dalam meningkatkan kapasitas pegawai yang merupakan salah satu indikator upaya penataan sistem manajemen SDM Aparatur. Selain itu juga menjadi salah satu pilar dalam transformasi SDM Kesehatan. Champion juga diharapkan dapat menjadi stimulus pelaksanaan program transformasi dengan meningkatkan ketertarikan, partisipasi pegawai serta mendorong inovasi dalam mendukung perubahan. Selain itu dapat menjadi role model serta berkontribusi dalam memperbaiki lingkungan kerja.

“Agent Of Change yang saat ini di ubah menjadi Champion Kesehatan bukan hanya sekedar mengganti nomenklatur tetapi juga champion ini mendapat peran penting dalam percepatan transformasi kementerian kesehatan dengan melibatkan tim champion berperan aktif untuk mewujudkan dukungan nyata” ujar plt Kepala Pusat P2KASN Tiomaida Seviana, SH, MAP. Tim Champion kesehatan memiliki beberapa peran diantaranya katalisator perubahan, problem solver perubahan, motor perubahan, mediator perubahan, dan komunikator perubahan. Tim Champion Kementerian kesehatan ini telah terpilih melalui tahapan pemilihan dan penetapan yang berbeda dari proses sebelumnya diantaranya : Minat diri, Survei usulan pegawai, Rekomendasi Atasan, Talent Pool, dan Triangulasi Panel Pimpinan.

         Dalam Arahannya Direktur Jenderal Pencegahan dan Pengendalian penyakit Dr.dr, Maxi Rein Rondonuwu., DHSM., MARS berharap “Melalui kegiatan ini, kami harap kita dapat membawa perubahan dalam mendukung transformasi kesehatan. Kerja sama yang solid dan inovasi dari tim champion diharapkan dapat membawa perubahan Ditjen P2P ke arah lebih baik serta kualitas pelayanan terhadap masyarakat semakin meningkat. “Semoga kegiatan ini dapat memberikan manfaat dan kebaikan bagi kita semua dan hasilnya dapat diimplentasikan secara nyata pada Satker” Harapnya.

Beliau juga berpesan khusus untuk para Champion untuk mengikuti kegiatan ini dengan baik dan hasil dari kegiatan ini untuk dapat dilaksanakan dilingkungan kerja Saudara, “jadilah orang yang dapat memberikan warna perubahan kearah yang lebih baik untuk organisasi, dan masyarakat”. Tutupnya. (SSH/NDA)

Kementerian Kesehatan tidak menerima suap dan/atau gratifikasi dalam bentuk apapun. Jika terdapat potensi suap atau gratifikasi silahkan laporkan melalui HALO KEMENKES 1500567 dan https://wbs.kemkes.go.id

Berita Terkait lainnya >

Posting Terbaru >