Semua Setara Akhiri AIDS

Hari AIDS Sedunia (HAS) rutin diperingati pada 1 Desember setiap tahunnya. Peringatannya dimaksudkan untuk meningkatkan pengetahuan, kesadaran, dan kemandirian masyarakat akan pentingnya pencegahan dan mendorong peran aktif masyarakat dalam pengendalian HIV/AIDS. tema nasional yang diambil dalam peringatan hari aids ini adalah Satukan Langkah Cegah HIV, Semua Setara Akhiri AIDS. Tema ini mengajak kita semua untuk mengulurkan tangan, bergerak bersama, sebagai kekuatan terbesar untuk mengakhiri AIDS di Indonesia dengan mengusung kesetaraan bagi semua, khususnya perempuan, anak, dan remaja.

Sesuai dengan tema tersebut Direktur pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular berpesan agar kita dapat Meningkatkan pengetahuan, kesadaran, dan kemandirian masyarakat, khususnya perempuan, anak, dan remaja, dalam mencegah infeksi dan penularan HIV-AIDS , Menggerakkan perempuan dan remaja untuk secara aktif melakukan upaya pencegahan infeksi dan penularan HIV-AIDS bagi diri dan lingkungannya, serta Meningkatkan keberpihakan dan kesetaraan dalam menyediakan layanan pencegahan, tes, dan pengobatan HIV-AIDS berkualitas untuk semua orang. “Diperlukan dukungan semua pemangku kepentingan untuk mengatasi tantangan tersebut, baik oleh pemerintah Pusat dan daerah, akademisi/praktisi, masyarakat, swasta, dan media di sektor kesehatan dan di luar sektor kesehatan,” Lapor dr. Imran

Tujuan lain dari peringatan ini adalah menggerakkan perempuan dan remaja untuk secara aktif melakukan upaya pencegahan infeksi dan penularan HIV-AIDS bagi diri dan lingkungannya. Masyarakat dapat memanfaatkan fasilitas pelayanan kesehatan yang tersedia baik agar Pemerintah maupun swasta untuk berkonsultasi mengenai kesehatan reproduksi, memeriksakan kesehatannya secara berkala serta berobat teratur ketika sudah didiagnosadan dimulai terapi.” Epidemi HIV berdampak buruk pada derajat kesehatan masyarakat serta pertumbuhan ekonomimasyarakat dan negara. Oleh karena itu, laju epidemi HIV harus dihambat. Strategi menghambat laju epidemi HIVadalah dengan menerapkan S-T-O-P : Suluh-Temukan-Obati- Pertahankan agar target Three Zero yaitu Zeroinfeksi HIV baru, Zero kematian akibat AIDS, Zero diskriminasi dapat tercapai pada tahun 2030” Tegas Dirjen P2P dalam sambutannya. Beliau juga mengajak kepada seluruh masyarakat Indonesia untuk bersama-samamenyatukan Langkah mencegah HIV dan mengakhiri AIDS dan menghentikan stigma          dan diskriminasi terhadapsiapapun di Tanah Air kita. (SSH & CRP)

Berita Terkait lainnya >

Posting Terbaru >