Pentingnya Vaksin Hepatitis B pada Bayi

Hepatitis B adalah penyakit yang disebabkan oleh infeksi virus yang dapat berujung pada infeksi hati kronis. Penyakit ini tergolong dalam penyakit menular, dan cukup banyak menyerang anak-anak. Penyebaran virus hepatitis B terjadi melalui darah dan cairan tubuh lainnya.

Vaksin hepatitis B adalah jenis vaksin yang termasuk imunisasi wajib pada bayi. Menurut American Academy of Pediatrics, vaksin hepatitis B yang diberikan pada bayi sebelum berusia 24 jam efektif mencegah transmisi infeksi hepatitis B dari ibu ke bayi. Namun pemberian dosis vaksin hepatitis B pada bayi baru lahir ini perlu dilanjutkan hingga 4 kali dosis dengan jadwal tertentu.

Manfaat vaksin hepatitis B adalah untuk mencegah virus hepatitis B yang dapat mengganggu fungsi organ hati. Bayi yang baru berusia 24 jam sudah bisa diberikan vaksin hepatitis B. Penyakit ini berbahaya karena menyasar fungsi hati , dan hingga saat ini belum ditemukan pengobatan yang paling ampuh.

Vaksin hepatitis B terdiri dari 4 dosis. Setelah dosis vaksin pertama, dosis berikutnya akan dilanjutkan dengan jeda satu bulan, pada bulan kedua, keempat, dan terakhir keenam.

Sahabat Sehat, jangan lupa lindungi buah hati Anda dengan memberikan Vaksin Hepatitis B

Kementerian Kesehatan tidak menerima suap dan/atau gratifikasi dalam bentuk apapun. Jika terdapat potensi suap atau gratifikasi silahkan laporkan melalui HALO KEMENKES 1500567 dan https://wbs.kemkes.go.id

Berita Terkait lainnya >

Posting Terbaru >