Pengawasan Arsip Kini Menjadi Penting

Yogyakarta (29/4), Kearsipan merupakan bagian penting dalam pengelolaan organisasi, termasuk di lingkungan Kementerian Kesehatan khususnya Ditjen P2P. Arsip yang terkelola dengan baik akan menjadi sumber informasi yang berharga untuk mendukung berbagai kegiatan, Oleh karena itu Ditjen P2P menggelar pertemuan Desk Pengawasan Kearsipan pada tanggal 29 April – 2 Mei 2024 bertempat di Swissbel Boutique Hotel Yogyakarta. Acara ini di hadiri oleh Perwakilan dari Arsip nasional republik Indonesia (ANRI), Perwakilan dari Biro Umum Sekretaris Jenderal Kemenkes, Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah Istimewa Yogyakarta, dan Seluruh UPT Balai Kekarantinaan Kesehatan di Seluruh Indonesia.

Dalam sambutannya Sekretaris Direktorat Jenderal P2P dr. Yudhi Pramono, MARS menyampaikan bahwa dalam Penyusunan Laporan Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (LAKIP) dimana salah satu indikator komposit Kearsipan adalah Persentase jumlah satker yang telah melaksanakan Gerakan Nasional Sadar Tertib Arsip (GNSTA). “Untuk itu desk pengawasan kearsipan yang kita lakukan dalam pertemuan ini menjadi penting guna memastikan bahwa arsip yang dikelola di lingkungan Direktorat Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Kementerian Kesehatan memenuhi standar yang telah ditetapkan” tegas dr. Yudhi. Beliau juga berharap melalui kegiatan ini, untuk tahun 2024 diharapkan 100% Unit Kerja dan UPT Kemenkes mendapatkan nilai di atas 70 dalam memenuhi IKK Kementerian Kesehatan yang dalam tahun 2023. Saat ini masih ada 19 UPT yang nilainya di bawah 70.

Kegiatan Desk dilakukan dengan menggunakan instrumen penilaian mandiri Audit Sistem Kearsipan Internal (ASKI) sesuai Perka Nomor 6 tahun 2019 tentang Pengawasan Kearsipan. Dilanjutkan dengan kunjungan lapangan ke Diorama Arsip Yogya yang menampilkan arsip-arsip yang terkait dengan sejarah panjang Yogyakarta dari era penmbahan Senopati hingga yang terkini. Arsip yang di tampilkan dalam bentuk tekstual, arsip foto, arsip audiovisual, dan sejarah lisan yang di tata secara unik dan kreatif untuk memberikan sajian yang informatif, Edukatif, dan menghibur. Pada kesempatan ini juga di lakukan pemberian penghargaan terhadap beberapa UPT Balai kekarantinaan kesehatan yang mempunyai pangkalan Saka Bhakti Husada Terbaik diantaranya BKK Kelas I Samarinda, BKK Kelas II Tj. Balai Karimun, BKK Kelas II Sampit. (SSH)

Kementerian Kesehatan tidak menerima suap dan/atau gratifikasi dalam bentuk apapun. Jika terdapat potensi suap atau gratifikasi silahkan laporkan melalui HALO KEMENKES 1500567 dan https://wbs.kemkes.go.id

Berita Terkait lainnya >

Posting Terbaru >