Penerapan Clear Desk dan Clear Screen Pada Area Kerja

Mari kita menjaga keamanan informasi pada area kerja demi keamanan bersama dengan panduan dari ISO 27001:2013 tentang Clear Desk dan Clear Screen.


Clear Desk adalah sebuah prinsip/kebijakan untuk menjaga meja atau pada area kerja bebas dari dokumen-dokumen yang mengandung informasi sensitif, data pribadi, atau data yang bersifat rahasia.

Clear Screen merupakan prinsip/ kebijakan untuk menjaga layar perangkat kita ketika sedang tidak digunakan serta mencegah orang lain atau yang tidak memiliki akses sah dapat mengakses data-data pada perangkat kita. Berikut adalah #TipsAman #dariKAMI dalam menerapkan Clear Desk dan Clear Screen:

  • Jangan meninggalkan informasi rahasia / data sensitif pada atau tempat yang terbuka tanpa pengawasan,
  • Pengarsipan dokumen penting pada tempat aman dan terkunci,
  • Gunakan penghancur kertas (paper shredder) untuk menghancurkan setiap dokumen bersifat rahasia dan terbatas yang sudah tidak digunakan
  • Pastikan media penyimpanan eksternal yang digunakan (flash disk, hardisk eksternal, dll) disimpan dengan aman, bila perlu tambahkan password pada media tersebut.

Selalu melakukan lock screen pada PC/Laptop/Handphone yang digunakan dan mengaktifkan fitur auto lock screen saat sedang tidak digunakan.

informasi lebih lanjut :
Computer Security Incident Response Team Kementerian Kesehatan
https://csirt.kemkes.go.id/

Kementerian Kesehatan tidak menerima suap dan/atau gratifikasi dalam bentuk apapun. Jika terdapat potensi suap atau gratifikasi silahkan laporkan melalui HALO KEMENKES 1500567 dan https://wbs.kemkes.go.id

Berita Terkait lainnya >

Posting Terbaru >