Pemerintah Targetkan sebanyak 5.512 Jurnalis mendapatkan Vaksin Covid-19 pertama di Hall A Basket GBK, Jakarta

Kali ini giliran awak media yang mendapatkan vaksinasi tahap pertama covid-19. Bertempat di hall A  Basket Gelora Bung Karno Jakarta (25/2) Presiden Joko Widodo bersama Menkes Budi Gunadi Sadikin, Menkominfo Jhony G. Plate dan Ketua Dewan Pers Indonesia Muhammad Nuh meninjau secara langsung kegiatan vaksinasi massal Covid-19 tahap pertama untuk jurnalis.

Kegiatan ini terselenggara atas kerjasama antara Kementerian Kesehatan bersama Kementerian Komunikasi dan Informatika serta Dewan Pers Indonesia.

Wartawan merupakan pelayan publik yang mobilitas kesehariannya bekerja dilapangan, berhubungan dengan narasumber dan berinteraksi dengan banyak orang, sehingga mereka merupakan kelompok yang sangat rentan terpapar COVID-19

Presiden berharap kegiatan serupa bisa segera diimplementasikan di daerah lain. ”Kita berharap ini akan berjalan di provinsi lain sehingga seluruh insan pers di tanah air segera mendapatkan vaksinasi,” terang Presiden.

Adapun jumlah sasaran vaksinasi bagi jurnalis ditargetkan sebanyak 5.512 peserta dengan waktu pelaksanaan selama 3 hari, mulai tanggal 24-26 Februari 2021. Pada hari pertama ini, jumlah sasaran yang akan menerima vaksin sebanyak 1.800 orang yang dibagi dalam 3 shift. Shift pertama mulai pukul 08.30-10.00 WIB, shift kedua pada 10.30-13.00 WIB dan shift ketiga pukul 13.00-16.00 WIB.

Untuk mendukung pelaksanaan vaksinasi, penyelenggara mengerahkan 25 Tim yang berasal dari Yankes (RSKO), Dinas Kesehatan DKI Jakarta, TNI, Polri, BUMN, Kantor Kesehatan Pelabuhan Bandung serta Kantor Kesehatan Pelabuhan Banten yang tersebar di 5 titik vaksinasi dengan Pcare yang berbeda.

Menkes berharap melalui kolaborasi lintas Kementerian/Lembaga ini kian mempercepat cakupan vaksinasi COVID-19 di tanah air. ”Disini adalah contoh yang sangat baik bagaimana modal sosial bangsa kita yang sangat besar, Kementerian Kesehatan disini sangat terbantu oleh Kominfo dan Dewan Pers,” Kata Menkes.

Menkominfo memastikan seluruh proses vaksinasi akan dilaksanakan dengan menerapkan protokol kesehatan ketat seperti memakai masker, menjaga jarak dan menyediakan fasilitas cuci tangan maupun hand sanitizer di lokasi vaksinasi, guna mencegah terjadinya penularan COVID-19.

Ketua Dewan Pers Indonesia, Muhammad Nuh memberikan apresiasi atas terselenggaranya vaksinasi COVID-19 bagi para jurnalis. Sejalan dengan instruksi presiden, pihaknya berkomitmen untuk segera melaksanakan vaksinasi di seluruh Indonesia secara bertahap.

”Kami akan terus bergerak ke daerah-daerah, mereka harus kita pastikan mendapatkan vaksin. Karena ini bagian dari perlindungan tubuh dari penularan virus,” katanya.

Kementerian Kesehatan tidak menerima suap dan/atau gratifikasi dalam bentuk apapun. Jika terdapat potensi suap atau gratifikasi silahkan laporkan melalui HALO KEMENKES 1500567 dan https://wbs.kemkes.go.id

Berita Terkait lainnya >

Posting Terbaru >