Pedoman Pelaksanaan STBM

Pedoman Pelaksanaan Sanitasi Total Berbasis Masyarakat Tahun (STBM) Tahun 2023

ABSTRAK

Pedoman ini bertujuan untuk menjelaskan pelaksanaan Sanitasi Total Berbasis Masyarakat 

(STBM) dimana outputnya terdiri dari lima pilar yaitu Stop Buang Air Besar Sembarangan (SBS),  Cuci Tangan Pakai Sabun (CTPS), Pengelolaan Air Minum dan Makanan Rumah Tangga  (PAMMRT), Pengelolaan Sampah Rumah Tangga (PSRT) dan Pengelolaan Air Limbah Domestik Rumah Tangga. Penjelasan masing-masing pilar STBM tertuang dalam definisi operasional dan  indikator perilaku higiene dan saniter, terutama pembaharuan terkait tangga layanan sanitasi menurut Metadata Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (TPB) Pilar Lingkungan untuk Pilar ke 1 yaitu Stop Buang Air Besar Sembarangan (SBS).

Pencapaian pelaksanaan STBM memerlukan monitoring dan evaluasi terhadap program STBM vlima pilar dengan mengukur pencapaian pelaksanaan program perubahan perilaku, pengkajian  dan pembelajaran yang dapat dipetik selama pelaksanaan. Selanjutnya, diperlukan verifikasi  terhadap pelaksanaan STBM dengan tujuan untuk memastikan telah terjadinya perubahan perilaku di masyarakat dalam penyelenggaraan STBM lima pilar. Hal ini dilakukan dengan penilaian atas kondisi perubahan perilaku yang telah terjadi di masyarakat terkait STBM lima pilar.

Kementerian Kesehatan tidak menerima suap dan/atau gratifikasi dalam bentuk apapun. Jika terdapat potensi suap atau gratifikasi silahkan laporkan melalui HALO KEMENKES 1500567 dan https://wbs.kemkes.go.id

Berita Terkait lainnya >

Posting Terbaru >