KKP Banten Siapsiaga Hadapi Arus Mudik Lebaran 2023

Dalam rangka menghadapi arus mudik Idul Fitri 1444 H Tahun 2023 Kantor Kesehatan Pelabuhan Kelas II Banten mempersiapkan diri mengawal Arus Mudik Lebaran Tahun 2023, kesiapan tersebut ditandai dengan menggelar Apel Kesiapan Petugas Pelabuhan yang di pimpin oleh Direktur Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dr. dr. Maxi Rein Rondonuwu, DHSM., MARS pada Rabu (12/4) di Lapangan Upacara KKP Banten. 

Dikesempatannya Dirjen Maxi juga melakukan pengecekan terhadap fasilitas kesehatan seperti Mobil Ambulans, Motor Medical Mobile Emergency Respon (MMER), dan berbagai peralatan kesehatan lainnya, serta sumber daya manusia (SDM) kesehatan yang disiapkan untuk melayani para pemudik. Selain itu, KKP Banten diminta agar tetap menjalankan vaksinasi sesuai aturan yang berlaku karena status pandemi masih belum di cabut. 

“Karena pandemi masih belum dicabut, kami masih melakukan protokol kesehatan dan menjalankan surat edaran satgas soal vaksinasi. Itu tentu tetap dilakukan,” ungkap Dirjen Maxi usai memimpin apel kesiapsiagaan.

Dirjen Maxi merasa kagum dengan adanya Motor Medical Mobile Emergency Respon (MMER) yang di siapkan oleh KKP Banten, Menurutnya motor sangat perlu untuk disediakan, sehingga bila ada pemudik yang mengalami kedaruratan kesehatan ditengah kemacetan, KKP Banten bisa langsung pro aktif memberikan pelayanan kesehatan dengan motor tersebut. 

“Jadi bukan hanya di Posko Kesehatan pelayanan kesehatan dapat diberikan, tetapi kita harus proaktif, kalau nanti ada laporan arus lalu lintas macet, dan kemudian ada orang yang sakit. Seperti kejadian lalu, karena kehausan sehingga dehidrasi, dan ada yang serangan jantung itu kan tidak boleh ditunda. Sehingga Motor Medical Mobile Emergency Respon (MMER) ini menurut saya sangat baik,” tegasnya.

Sementara itu dikesempatan yang sama,  Kepala KKP Banten, dr. Sedya Dwisangka., M.Epid menjelaskan sebanyak 18 tim medis dipersiapkan untuk penjagaan Posko Kesehatan yang antara lain terdiri dari 7 dokter, 15 perawat, 18 sanitarian, 15 tenagasurveilans, 1 apoteker, 4 driver ambulans, 4 driver MMER dan 18 tenaga teknis lainnya.

Dirjen Maxi diwaktu yang bersamaan juga menyempatkan dalam agendanya untuk memantau Pos Kesehatan di Pelabuhan Merak untuk memeriksa kesiapan tim medis, dan obat-obatan serta peralatan kesehatan lainnya yang tersedia di Pos Kesehatan tersebut dalam rangka menghadapi Arus Mudik maupun Arus Balik Lebaran Tahun 2023, serta turut meresmikan gedung baru wilayah kerja Anyer KKP Kelas II Banten. (Ssh/Adt)

Kementerian Kesehatan tidak menerima suap dan/atau gratifikasi dalam bentuk apapun. Jika terdapat potensi suap atau gratifikasi silahkan laporkan melalui HALO KEMENKES 1500567 dan https://wbs.kemkes.go.id

Berita Terkait lainnya >

Posting Terbaru >