Kemnaskes ke IV : Peran Pramuka sebagai Generasi Milenial Kesehatan dalam Mewujudkan Indonesia Sehat

Kementerian Kesehatan RI tahun ini kembali mengadakan Kemah Nasional Kesehatan (Kemnaskes) ke IV yang dilaksanakan pada tanggal 25 September – 1 Oktober 2019 di Bumi Perkemahan Pramuka (Buperta) Cibubur dan diikuti oleh Saka Bakti Husada dari 34 Kwartir Daerah perwakilan Poltekkes se Indonesia. Kemnaskes kali ini mengangkat tema Peran Pramuka sebagai Generasi Milenial Kesehatan dalam Mewujudkan Indonesia Sehat.

Pada acara pembukaan Kemnaskes ke IV dilakukan Penyerahan dan Penyematan Penghargaan oleh Ketua Kwartir Nasional Pramuka, Budi Waseso kepada Menteri Kesehatan RI, Prof.Dr.dr.Nila F.Moeloek, SpM(K).

Di kesempatannya saat membuka Kemnaskes ke IV, pada (27/9) Menkes sangat mengapresiasi dan mengatakan bahwa gerakan pramuka memiliki peran besar dalam menginisiasi perilaku hidup sehat. Bentuk inisiasi tersebut antara lain proaktif untuk memelihara dan meningkatkan kesehatan, mencegah risiko terjadinya penyakit, melindungi diri dari ancaman penyakit dan masalah kesehatan, serta berpartisipasi aktif dalam gerakan masyarakat sehat dan aman (safe community).

Lanjut menkes mengatakan bahwasanya Krida-krida Saka Bakti Husada ini telah mensyaratkan kecakapan khusus di bidang kesehatan dan berperan besar menyehatkan masyarakat dengan menjadi kader kesehatan, baik di keluarga maupun lingkungan tempat tinggal.

Maka dari itu, Menkes meminta peran dari Pembina, Pamong, dan Instruktur untuk dapat memberikan keteladanan dan pembelajaran bagi adik-adik pramuka Saka Bakti Husada, sebagaimana Krida bidang kesehatan yang perlu meningkatkan jangkauan layanan, seperti Upaya Kesehatan Masyarakat (UKM), Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS), pentingnya imunisasi, serta pencegahan penyakit tidak menular,

“Untuk itulah, dalam 10 tahun terakhir, Kementerian Kesehatan telah mengembangkan gugus depan dan pangkalan Saka Bakti Husada di Unit Pelaksana Teknis (UPT) Kesehatan seperti Poltekkes, Bapelkes, BTKLPP, KKP dan RS,” ucap Menkes

Kemnaskes ke IV ini menjadi salah satu bentuk meningkatkan kemampuan SDM kesehatan. Pembangunan SDM menjadi kunci kemajuan Indonesia ke depan. Dimana, kata Menkes SDM Indonesia harus unggul dalam segala bidang sehingga dapat bersaing secara global. Apalagi di era industri 4.0 ini kehadiran gerakan pramuka di era sekarang sangat diperlukan sebagai wadah pembentukan karakter dan penanaman sikap mental. Tujuannya untuk menghasilkan SDM unggul yang sehat, cerdas, adaptif, dan kreatif, terutama bagi generasi milenial yang akan mengambil alih kepemimpinan Indonesia di masa mendatang.

Di akhir sambutannya, Menkes berpesan kepada seluruh peserta Kemnaskes ke IV ini agar dapat terus bersama-sama menjaga kesatuan Negara Republik Indonesia dan menjadi agent of change bagi pembangunan kesehatan.

Kementerian Kesehatan tidak menerima suap dan/atau gratifikasi dalam bentuk apapun. Jika terdapat potensi suap atau gratifikasi silahkan laporkan melalui HALO KEMENKES 1500567 dan https://wbs.kemkes.go.id

Berita Terkait lainnya >

Posting Terbaru >