Kemenkes Ikut Berpartisipasi Dalam Memeriahkan Hari Nusantara Tahun 2022 di Wakatobi

Acara puncak Hari Nusantara 2022 dilaksanakan di Marina Togo Mowondo, Wanci, Kabupaten Wakatobi, Sulawesi Tenggara. Acara ini dilakukan dalam rangka memperingati 40 tahun Hari Nusantara yang jatuh pada 13 Desember 2022. Peringatan ini bermula pada Deklarasi Djuanda, 13 Desember 1957, yang dicetuskan oleh Perdana Menteri saat itu, Djuanda Kartawidjaya.

Rangkaian Hari Nusantara 2022 dimulai sejak 10 Desember 2022 sampai dengan 14 Desember 2022. tema yang diangkat pada peringatan tahun ini adalah “Peningkatan Ekonomi Maritim melalui Kolaborasi Investasi Berkelanjutan untuk Indonesia Bangkit Lebih Kuat”. Dalam acara ini, sejumlah tokoh penting hadir seperti Menteri Investasi/Badan Koordinasi Penanaman Modal selaku Ketua Pelaksana Pusat, Bahlil Lahadalia; Gubernur Ali Mazi, Wakil Kepala Staf Angkatan Laut (Wakasal) Laksamana Madya TNI Ahmad Heri Purwono; dan Bupati Wakatobi, Haliana, Direktur Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kemenkes dr. Maxi Rein Rondonuwu, serta pejabat lainnya dari lintas Kementerian/Lembaga.

Kehadiran Dirjen Maxi pada Puncak Acara Hari Nusantara Tahun 2022 mewakili Menteri Kesehatan untuk menyerahkan kepada Pemerintah Daerah Wakatobi melalui Bupati Wakatobi Stimulan Program Padat Karya Tunai Desa TTG Air dan Sanitasi, serta DAK Fisik Bidang Kesehatan yaitu Program Penguatan Penurunan Angka Kematian Ibu, Bayi, Percepatan Penurunan Stunting, dan Penguatan Sistem Kesehatan senilai kurang lebih 32 Miliar.

Selain itu Dirjen Maxi juga menyerahkan kepada Bupati Wakatobi H.Haliana, SE yaitu Program Intervensi Kualitas Kesehatan Lingkungan senilai 900 juta yang? selanjutnya diserahkan oleh Bupati Wakatobi kepada masing-masing Kepala Desa mendapatkan 100 juta antara lain Desa Mola Nelayan Bhakti, Desa Mola Utara, Desa Mola Selatan, Desa Mola Bahari, Desa Wungka, Desa Maleko, Desa Mantigola Makmur, Desa Samabahari, dan Desa Lamanggau

Acara Hari Nusantara Tahun 2022 dimeriahkan oleh parade 1.000 perahu rakyat, penghargaan nasional bidang kelautan dan wilayah maritim, peluncuran Smart Fisheries Village (SFV), expo UMKM, dan juga panggung hiburan rakyat. Beberapa kegiatan pun telah dilaksanakan seperti kegiatan bersih laut, bakti kesehatan, kampanye Gemar Makan Ikan, forum investasi, penanaman mangrove, pelepasan tukik, dan lain sebagainya. Pada kegiatan EXPO UMKM Kementerian Kesehatan melalui Direktorat Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (Ditjen P2P) ikut berpartisipasi dengan melibatkan Unit Pelaksana Teknis (UPT) nya yaitu Balai Teknik Kesehatan Lingkungan dan Pengendalian Penyakit (BTKLPP) Makassar, Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Makassar dan Kendari dengan menampilkan Media KIE, Teknologi Tepat Guna (TTG) Kesehatan Lingkungan dan Alat Pemeriksaan dan Penanganan Bagi Petugas Kekarantinaan Kesehatan Baik di Bandara maupun Pelabuhan, dan Pos Lintas Batas Darat Negara (PLBDN).

Acara yang sedianya akan dihadiri Presiden RI Joko Widodo dibuka secara langsung oleh Menteri Investasi/Badan Koordinasi Penanaman Modal selaku Ketua Pelaksana Pusat, Bahlil Lahadalia. Dikesempatannya beliau menyampaikan dalam sambutannya Pemilihan Wakatobi sebagai lokasi perhelatan Hari Nusantara 2022 bukan tanpa alasan. Karena Wakatobi memiliki potensi laut yang kaya sekaligus sebagai taman laut nasional terbesar kedua di Indonesia. “Potensi tersebut dapat meningkatkan perekonomian masyarakat. Saat ini pemerintah terus mendorong investasi di Provinsi Sulawesi Tenggara.” ujar beliau dikesempatannya.

Ketua pelaksanaan peringatan Hari Nusantara setiap tahunnya dipilih secara bergilir dari berbagai lintas Kementerian. Tahun ini yang menjadi Ketua Penyelenggara Hari Nusantara adalah Kementerian Investasi/BKPM dan Wakatobi dipilih sebagai tuan rumah dalam perhelatan ini sebagai lokasi Pelaksanaan Peringatan Hari Nusantara Tahun 2022. Hari Nusantara 2022 fokus pada kolaborasi investasi yang berkelanjutan untuk memelihara, menjaga kelestarian, dan mendukung ekosistem laut demi kesejahteraan masyarakat. (Adt)

Berita Terkait lainnya >

Posting Terbaru >