Dirjen P2P Resmikan Kendaraan m-EFR Bandar Udara Sultan Hasanuddin Makassar Trobosan Inovasi BBKK Makassar

Makassar, 26 Maret 2024

Direktur Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kementerian Kesehatan Kementerian Kesehatan (Dirjen P2P Kemenkes) Dr. dr. Maxi Rein Rondonuwu, DHSM, MARS disela-sela kegiatannya di Makassar turut meresmikan operasionalisasi kendaraan mobile – Emergency First Response (m-EFR) di Bandar Udara Sultan Hasanuddin Makassar, pada Selasa (26/03/2024).

Kendaraan m-EFR ini merupakan sebuah trobosan inovasi dari Balai Besar Karantina Kesehatan (BBKK) Makassar yang merupakan Unit Pelaksana Teknis (UPT) dari Ditjen P2P Kemenkes sebagai upaya mewujudkan hadirnya negara dalam melayani pengguna jasa Bandar Udara Sultan Hasanuddin Makassar.

Hadirnya m-EFR ini diharapkan dapat merespon kegawatdaruratan kesehatan yg terjadi di bandara, terutama pada saat kondisi Matra yaitu pada arus mudik lebaran.

“Saya kira ini suatu hal yang sangat baik dan ini pertama di Indonesia yang memikirkan adanya Emergency Response sesuai dengan kondisi yang ada” ujar Dirjen Maxi.

Jadi, kata Dirjen Maxi emergency itu dibutuhkan suatu respon yang cepat terhadap adanya penyakit-penyakit tertentu, seperti penyakit jantung, hipertensi, dan stroke. Oleh karena itu tadi saya sepakat bahwa ada sarana ini sistemnya harus jalan.

Namun, Dirjen Maxi juga mengatakan justru yang memulai untuk menangani emergency itu yang paling tepat adalah orang yang pertama melakukan pertolongan pertama, karena tidak semuanya sebagai petugas kesehatan. Jadi sepakat harus dibuat sebuah sistemnya, dilatih Basic Life Support (BLS) atau Bantuan Hidup Dasar (BHD) kepada semua stakeholder non-kesehatan yang ada di bandara, dan bekerja setiap hari di area Bandar Udara Sultan Hasanuddin Makassar.

“Saya kira Ini harus diatur Standar Operasional Prosedur (SOP) nya sampai pada penanganan sekunder yang terdapat di rumah sakit, petugas kesehatan dan non-kesehatan di area Bandar Udara Sultan Hasanuddin Makassar yang sudah terlatih, obat-obatan emergency selalu standby, Automated External Defibrillator (AED) harus siap digunakan, dan kendaraan m-EFR juga harus dalam kondisi baterai yang sudah terisi penuh. Kemudian buat simulasinya secara komprehensif minimal 1 tahun 2 kali harus dilakukan simulasi, dan diselenggarakan pertemuan-pertemuan nasional untuk memberikan masukan,” ujar Dirjen Maxi.

Kepala BBKK Makassar Agus Jamaludin, SKM.,M.Kes mengatakan inovasi m-EFR yang sederhana ini kita ciptakan sebenarnya bersama-sama dengan GM Angkasa Pura yang telah digagas kurang lebih 4 bulan yang lalu dalam diskusi singkat secara non formal, dan akhirnya dapat terwujud. Adapun manfaat dari peluncuran P3K Mobile atau m-EFR ini yang pertama adalah mendekatkan layanan kesehatan kepada pemakai jasa di Bandar Udara.

Kedua adalah bagaimana kecepatan petugas di dalam memberikan respon kepada pelaku perjalanan yang membutuhkan layanan kesehatan. Sedangkan ketiga yang tak kalah penting adalah bagaimana Bandar Udara Sultan Hasanuddin Makassar ini mempunyai nama di kancah nasional. Mari kita sama-sama bangun Sulawesi Selatan ini ke tingkat nasional.

Kemudian keempat adalah bagaimana Kementerian Kesehatan hadir di tengah-tengah masyarakat. ” jadi dengan manfaat itu kami berharap bahwa dapat dioptimalkan layanan kesehatan untuk para pelaku perjalanan,” ujar Agus dikesempatannya.

General manager PT. Angkasapura Bandar Udara Sultan Hasanuddin Makassar Taochid Purnomo Hadi menyambut baik hadirnya m-EFR ini. Harapannya dengan adanya m-EFR ini kecepatan dalam memberikan pelayanan kepada pengguna jasa itu akan didapat. Selain itu unit m-EFR dapat ditambah lagi kedepannya, karena dengan semakin luasnya area Bandar Udara Sultan Hasanuddin Makassar akan sangat membutuhkan fasilitas yang mendukung kecepatan dalam respon terhadap kasus kegawatdaruratan.(ADT/CRP)

Kementerian Kesehatan tidak menerima suap dan/atau gratifikasi dalam bentuk apapun. Jika terdapat potensi suap atau gratifikasi silahkan laporkan melalui HALO KEMENKES 1500567 dan https://wbs.kemkes.go.id

Berita Terkait lainnya >

Posting Terbaru >