Atasi KLB Polio, Kabupaten Pamekasan Laksanakan Sub PIN Polio

Madura, 15 Januari 2024

Kabupaten Pamekasan menjadi salah satu kabupaten yang melaksanakan Sub PIN Polio putaran pertama yang dimulai secara serentak di 13 Kecamatan, pada Senin (15/1/2024), karena telah ditemukannya Kejadian Luar Biasa (KLB) polio pada anak berusia 1 tahun di bulan Desember 2023. 

Pemerintah Kabupaten Pamekasan menargetkan cakupan imunisasi polio pada Sub PIN Polio mencapai 95%, diharapkan tidak ada satupun anak yang boleh lolos dari pemberian Sub PIN Polio ini. Dengan demikian penyebaran penyakit polio dapat dicegah dan masyarakat dapat hidup sehat.

Dikesempatan yang sama Direktur Pengelolaan Imunisasi Direktorat Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (Ditjen P2P) Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI, dr. Prima Yosephine, MKM bersama tim turut mengunjungi Kabupaten Pamekasan, Madura, Jawa Timur dalam rangka antisipasi merebaknya penyakit polio yang ditemukan di daerah tersebut.

“Hari ini saya datang ke Kabupaten Pamekasan terkait dengan temuan penyakit polio yang ditemukan juga di Kabupaten Klaten Provinsi Jawa Tengah, Kabupaten Sampang, dan Pamekasan Provinsi Jawa Timur. Maka hari ini seluruh kabupaten di Jawa Tengah, DIY, dan Jawa Timur akan dilakukan imunisasi tambahan atau Sub Pin Polio,” terang Direktur Prima.

Menurutnya imunisasi berupa vaksin tetes, menargetkan anak antara usia 0 – 7 tahun dengan dua tahap vaksinasi, tanpa memandang status imunisasi sebelumnya. Sementara target sasaran imunisasi tambahan pada anak di Kabupaten Pamekasan sebanyak 106.000 yang tersebar di 13 kecamatan. Target dari pemberian Sub Pin Polio ini adalah untuk mencegah terjadinya gejala susah bergerak atau cacat pada anak-anak yang terkena polio.

Direktur Prima juga  menyampaikan pihaknya akan meningkatkan pengamatan (surveilans) agar penyakit polio dapat diantisipasi sejak dini. Sehingga masyarakat juga mendatangi puskesmas dan fasilitas kesehatan lainnya apabila menemukan anak memiliki gejala polio.

“Kami menghimbau kepada orang tua, kalau punya anak di bawah 7 tahun, ayok segera dibawa ke fasilitas kesehatan terdekat untuk mengimunisasi anaknya,” himbau dia.

Direktur Prima bersama tim dalam kunjungannya diterima langsung oleh Pejabat Bupati Pamekasan Masrukin, Ketua Tim Penggerak PKK Pamekasan Yenny Masrukin, dan Dinas Kesehatan setempat di Peringgitan Dalam Mandhapa Aghung Ronggosukowati. Pada kesempatan itu, tim dari Kemenkes RI juga turut mengunjungi pelaksanaan Sub PIN Polio di Pondok Pesantren (Ponpes) Nurul Jadid Pamekasan dan rumah balita penderita polio di Jalan Purba Pamekasan. Kunjungan itu didampingi istri Pj Bupati Pamekasan, Yenny Masrukin. (ADT/IWS/SSN)

Kementerian Kesehatan tidak menerima suap dan/atau gratifikasi dalam bentuk apapun. Jika terdapat potensi suap atau gratifikasi silahkan laporkan melalui HALO KEMENKES 1500567 dan https://wbs.kemkes.go.id

Berita Terkait lainnya >

Posting Terbaru >