Apa itu PESD dan Bagaimana Cara Mengatasinya?

#Healthies, Pemilu 2024 telah selesai dilaksanakan dan saat ini tinggal menunggu hasıl akhirnya

Dalam masa tunggu ini, tentu ada perasaan campur aduk mulai dari gembira, cemas, emosi, sedih hingga kecewa

Kondisi itu sebaiknya jangan diabadikan ya #Healthies. Karena bisa jadi kamu mengalami gangguan Stres Pasca Pemilu / Post Election Stress Disorder (PESD)

Apa itu PESD dan bagaimana cara mengatasinya?

Healthies! Pasca pemilu, ternyata gak hanya jari kamu yang biru, tapi bisa jadi hati kamu juga. Banyak orang yang merasa cemas dan tegang menunggu hasil dari pemilu yang telah berlangsung 14 Februari 2024 lalu.

Bahkan tidak jarang orang mengalami kondisi mental bernama Stres Pasca Pemilu / Post Election Stress Disorder (PESD), dimana seseorang mengalami rasa cemas, stress, dan putus asa yang berlebih setelah pemilu yang bisa dilalui tidak hanya oleh politisi tetapi juga para pemilih.

Tips 1 : Less screen time, more me time!
Membaca atau menonton berita mengenai perkembangan pemilu memang penting. Namun, jika sudah mempengaruhi tingkat stres dan mood, saatnya rehat sejenak!

perbanyak aktivitas yang dapat mengurangi stress seperti berolahraga, menonton film, dan lain sebagainya. Aktivitas yang menyenangkan dapat meningkatkan serotonin untuk memperbaiki mood kamu!

Tips 2 : Breathe-in, breathe-out

Selama dan pasca pemilu, tidak jarang Healthies mendapati komentar-komentar negatif di sosial media yang dapat memicu emosi yang berlebihan.

Sebelum bereaksi dan menanggapi komentar orang lain, tinggalkan gadgetmu dan lakukan teknik deep breathing. Menarik nafas akan memberikan waktu kamu untuk berpikir lebih jernih dan meredam emosi sebelum bertindak di dunia maya!

TIPS 3 : Berantem? yang bener aja, rugi dong!

Perbedaan opini politik merupakan hal yang sangat lazim pada masa pemilu. Meski pemilu sudah berakhir, jangan sampai opini kamu dapat memecah belah hubungan pertemanan atau persaudaraan.

Jika sedang berdiskusi mengenai isu politik, dengarkan dan hargai lawan bicaramu dengan active listening dan assertive communication, agar dapat menerima opini masing-masing tanpa menimbulkan perpecahan.

Buah alpukat,
buah sukun,
Yuk wujudkan Indonesia sehat
dan Indonesia rukun!

sumber

Kementerian Kesehatan tidak menerima suap dan/atau gratifikasi dalam bentuk apapun. Jika terdapat potensi suap atau gratifikasi silahkan laporkan melalui HALO KEMENKES 1500567 dan https://wbs.kemkes.go.id

Berita Terkait lainnya >

Posting Terbaru >