Anjuran Konsumsi Gula, Garam, dan Lemak per Hari

Sesuai dengan Permenkes Nomor 30 Tahun 2013 tentang Pencantuman Informasi Kandungan Gula, Garam dan Lemak Serta Pesan Kesehatan Pada Pangan Olahan dan Pangan Siap Saji

G4-G1-L5


Anjuran Konsumsi GULA per orang per hari adalah 10% dari total energi (200 kkal) atau setara dengan 4 sendok makan per orang per hari (50 gram)

Anjuran Konsumsi GARAM adalah 2000 mg natrium atau setara dengan Garam 1 sendok teh (sdt) per orang per hari (5 gram)

Anjuran Konsumsi LEMAK per orang per hari adalah 20-25% dari total energi (702 kkal) atau setara dengan Lemak 5 sendok makan per orang per hari (67 gram)

Label Pangan, apa yang perlu Anda ketahui?

Pesan Kesehatan – “Konsumsi Gula kurang dari 54gram, Garam kurang dari 2000miligram, dan lemak kurang dari 72 gram per orang per hari mencegah risiko Hipertensi, Stroke, Diabetes, dan Serangan Jantung”

Dengan mencermati pesan kesehatan tersebut masyarakat dapat membatasi konsumsi gula, garam, dan lemak untuk terhindari dari penyakit tidak menular

Kebiasaan yang baik dalam pola makan sehat, diantaranya :

  • budayakan minum air putih paling sedikit 8 gelas per hari atau kurang lebih 2 liter
  • perbanyak konsumsi buah/sayur
  • upayakan memilih sumber pangan segar dan diolah dengan cara direbus atau dikukus
  • membatasi konsumsi kecap, saos, penyedap rasa, pemanis, pengawet, perasa yang bukan tambahan pangan alami
  • budayakan membaca label sebelum memilih pangan siap saji.

Kunjungi media sosial Penyakit Tidak Menular Indonesia untuk mendapatkan informasi penting lainnya.

Kementerian Kesehatan tidak menerima suap dan/atau gratifikasi dalam bentuk apapun. Jika terdapat potensi suap atau gratifikasi silahkan laporkan melalui HALO KEMENKES 1500567 dan https://wbs.kemkes.go.id

Berita Terkait lainnya >

Posting Terbaru >