Mengapa Terlalu Banyak Duduk Berbahaya Untuk Kesehatan?

Salah satu penelitian menyatakan bahwa seseorang yang menghabiskan waktu lebih dari 4 jam sehari memiliki beberapa resiko seperti penyakit kardiovaskular.


Pada beberapa penelitian menyatakan bahwa duduk dalam jangka waktu yang lama berkaitan dengan sejumlah masalah kesehatan seperti obesitas atau penyakit metabolik. Salah satu penelitian menyatakan bahwa seseorang yang menghabiskan waktu  lebih dari 4 jam sehari memiliki beberapa resiko, seperti:

  • Memiliki resiko 50% peningkatan kematian yang diakibatkan oleh sebab apapun.
  • Memiliki sekitar 125% peningkatan resiko terjadinya penyakit kardiovaskular seperti nyeri dada atau serangan jantung

Peningkatan resiko terjadinya penyakit jantung berbeda dengan resiko yang disebabkan oleh merokok atau tekanan darah tinggi. Beberapa solusi dapat dilakukan agar lebih banyak bergerak. Gerakan sederhana dapat dilakukan seperti berdiri di area bekerja atau berjalan dalam beberapa menit.
Gerakan santai dan sederhana dapat memberikan dampak positif seperti membakar lebih banyak kalori, penurunan berat badan, dan peningkatan energi. Aktifitas otot dibutuhkan untuk berdiri dan gerakan lainnya dapat memicu proses penting yang berkaitan dengan pemecahan lemak dan gula dalam tubuh. Saat sedang duduk, proses ini menjadi macet dan resiko terjadinya penyakit meningkat.

Apakah resiko yang dapat terjadi karena terlalu lama duduk?

  • Terlalu banyak duduk dapat menurunkan jumlah kalori yang dibakar
    Duduk didepan laptop atau computer terlalu lama hanya membutuhkan sedikit energi. Kondisi ini juga menyebabkan kalori yang terbakar juga terbatas.
  • Terlalu banyak duduk dapat meningkatkan tumpukan lemak pada tubuh
    Semakin sedikit kalori yang terbakar maka semakin besar kemungkinan penambahan berat badan. Kondisi ini menyebabkan peningkatan resiko terjadinya obesitas atau kegemukan.
  • Terlalu banyak duduk dapat meningkatkan resiko terjadinya beberapa penyakit
    Orang yang terlalu banyak duduk memiliki peningkatan resiko sebesar 112% terkena diabetes melitus tipe 2 dan147% penyakit jantung.

Bagaimana tetap sehat dan bugar saat bekerja?

  • Siapkan camilan sehat dimeja kerja untuk membatasi konsumsi kalori yang berlebihan ketika bekerja. Memiliki buah-buahan untuk camilan saat bekerja lebih sehat dari pada mengkonsumsi kue atau permen.
  • Mencukupi kebutuhan air putih dengan mengkonsumsi 8-10 gelas setiap hari dapat membantu tubuh kekurangan cairan. Mengkonsumsi makanan yang memiliki sumber air tinggi seperti jeruk, anggur, semangka, dan apel untuk membantu tubuh tetap sehat dan tidak kekurangan cairan.
  • Melakukan olahraga sederhana seperti berjalan berkeliling kantor atau naik turun tangga.
  • Mengkonsumsi menu sehat untuk makan siang.
  • Atur jarak antara mata dan layer computer untuk mencegah terjadinya sakit kepala dan ketegangan pada mata.

Jika Sahabat Viva memiliki pertanyaan lebih lanjut, silahkan kirimkan melalui:

  1. Layanan Tanya Jawab Kesehatan melalui SMS Hotline atau Whatsapp di nomor 0812 919 08500
  2. Konsultasi Online pada hari Senin-Jumat pukul 08.00-17.00 WIB

Pertanyaan anda akan dijawab langsung oleh tenaga kesehatan kami. Kunjungi juga akun Instagram @vivahealthindonesiaFanpage VivaHealthIndonesia dan Twitter@vivahealthID untuk melihat jadwal kegiatan Apotek Viva di kota Anda dan info kesehatan lainnya.

Sumber:

  1. Healthline. (2016, 22 Januari). Why SittingToo Much Is Seriously Bad for Your Health. Diperoleh 31 Oktober 2017 dari: https://www.healthline.com/nutrition/why-sitting-is-bad-for-you#section1
  2. Mayo Clinic. (2015, 04 September). What are The Risks of Sitting Too Much. Diperoleh 31 Oktober 2017 dari: https://www.mayoclinic.org/healthy-lifestyle/adult-health/expert-answers/sitting/faq-20058005
  3. WebMD. 10 Tips to Improve Your Health at Work. Diperoleh 31 Oktober 2017 dari: https://www.webmd.com/women/features/10-tips-to-improve-your-health-at-work#1